Skip to main content

9 Tipe Cewek Perokok

Saat ini perokok semakin bertambah banyak yah... Dahulu kebanyakan perokok dimonopoli para pria (cowok), tapi sekarang suasananya bergeser. Kaum wanita juga 'tak mau ketinggalan' untuk membakar dan menghisap cerutu lalu mengepulkan asapnya. Beda jaman, beda suasana. Emansipasi perokok tercipta dengan sendirinya tanpa gebrakan seorang pelopor. 

Saya pernah bilang sama teman; "tuh cewek cantik, tapi sayang... dia perokok". Tapi itu dulu, dulu sekali. Kalau sekarang bagaimana?. Ehmm.. tunggu yah, saya pikir dulu. 

Saya tertarik menulis catatan ini perihal cewek yang merokok gara-gara tadi malam saya bersama seorang teman sambil nongkrong dan minum cappucino di Taman Bungkul Surabaya, melihat-lihat keadaan sekeliling dan di sana kebetulan ada tiga orang cewek sedang merokok dengan gayanya masing-masing. Nah, kebetulan juga teringat sama teman kuliah dulu (wanita) yang merokok. Terlintaslah dalam otak saya untuk menulis catatan ini sekaligus saya dedikasikan bagi siapa saja yang mau membacanya. 

Berikut tipe-tipe cewek perokok : 

Cewek perokok. Courtessy of i-dus.com.
1. Cewek percaya diri


Tipe yang pertama untuk doi yang merokok di tempat umum dengan santainya sambil mengobrol bersama teman di sampingnya (jika ada teman bersamanya). Untuk yang satu ini, doi tidak sungkan untuk merokok jika sedang bersama dengan teman-temannya di kafetaria, warung kopi, burjo, karaoke, rumah, hingga di atas mobil angkot. Jika tidak ada larangan merokok di atas pesawat terbang, dipastikan doi akan merokok sambil mengepulkan asapnya. 



2. Cewek pemalu
Tipe ini untuk doi yang merokok jika hanya bersama dengan teman-temannya sesama perokok. Aslinya malu-malu kucing, mau tapi malu. Kalau doi ditawari rokok, awalnya akan menolak dengan pelan sambil senyum-senyum. Tapi kalau rokokny dibiarkan di atas meja, lama-lama dia akan mengambilnya sendiri. 

3. Cewek Cerdas
Kalau tipe yang satu ini akan kelihatan jika lagi membayar rokok. Kalau pas terima uang kembalian dari penjual dan ada yang kurang, otaknya langsung berputar dan langsung tau nominal uang yang kurang. Dan pasti akan bilang : "bang uangnya masih kurang nih..."

4. Cewek tidak konsisten
Untuk yang satu ini akan kelihatan jika merek rokoknya selalu berubah. Sekarang Class Mild, besok Gudang Garam, besoknya lagi Sampoerna, besoknya lagi Rindang, rokok linting, besoknya lagi Marlboro dan seterusnya. 

5. Cewek stress
Kalau yang ini, doi hanya merokok sewaktu-waktu. Pas lagi setress aja. Cara mengenalinya jika dia lagi merokok kadan duduk sendiri dan memandang ke arah jauh dengan tatapan kosong. Cerutunya cepat sekali habis, setelah itu disambung lagi. Sekali-sekali kadang merokok di atas genteng orang. 

6. Cewek pelit
Nah, kalau yang ini sangat gampang diidentifikasi. Sangat gampang karena akan berurusan dengan uang. Doi akan selalu minta dibelikan rokok. Kalau temannya lagi duduk-duduk santai pasti dia akan bilang "bang.. belikan rokok donk, lagi bokek nih". Atau kalimat permintaan lain yang tidak jauh-jauh dari itu. Pokoknya uangnya sangat susah keluar hanya untuk beli rokok. 

7. Cewek kreatif
Kreatifitas anak muda tidak perna ada habisnya. Untuk urusan kreatifitas anak muda, dapat juga ditunjukkan dengan rokok. Cewek yang kreatif akan kelihatan dari asap rokok yang dihembuskan dari mulutnya. Kalau sekarang doi bisa menghembuskan asap rokok dengan membentuk halo 'O', hembusan berikut bisa membentuk halo 'W', hembusan berikutnya lagi membentuk halo 'X', seterusnya membentuk kalimat "I'm pregnant" dan seterusnya.

8. Cewek dermawan
Ini juga sangat gampang diidentifikasi karean kembali lagi berurusan dengan uang. Cewek dermawan ini tak tanggung-tanggung mengeluarkan uang buat beli rokok. Cerutu yang dia bakar belum habis sampai 1/4 batang langsung dibuang dan diganti yang baru. Kalau ada temannya yang minta rokok, langsung dikasih sebungkus. Dan satu lagi... kalau ada yang minta sumbangan dana.. dia malah kasih rokok, sebungkus pula. 

9. Cewek Sombong
Kalau yang ini jangan ditiru. Doi sombong. Mengidentifikasinya gampang. Kalau ada teman nonkrong, trus doi datang.. hal pertama yang doi lakukan adalah ambil rokok dari kantong dan lansung taruh di meja, minimal tiga bungkus. Sekali merokok bisa langsung tiga batang. Memang doi sombong. 

Selain itu, berdasarkan diskusi bersama teman ketika berkuliah akhirnya disimpulkan bahwa secara umum para perokok baik cewek maupun cowok di seluruh dunia dapat dikategorikan kedalam dua kelompok besar yakni:

#Perokok Aktif
Perokok jenis ini akan kelihatan dari caranya menghisap cerutu. Dikatakan aktif merokok karena mereka aktif menggerakkan kepala (mulut) maju-mundur ke arah cerutu. Dengan kata lain, cerutu yang diam di tempat tapi kepala perokok yang gerak maju-mundur.

#Perokok Pasif
Perokok jenis ini paling banyak dijumpai. Dikatakan perokok pasif karena kepala mereka (mulut) mereka tidak banyak bergerak ketika merokok. Boleh dikata hanya diam di tempat, tapi yang bergerak aktif adalah tangan yang sedang memegang cerutu. Gerakan tangan ini akan mendekati atau menjauhi mulut sambil memengang ceturu. 

Nah, itulah jenis-jenis cewek yang dibedakan dari caranya memperlakukan rokok. 

Comments

Popular posts from this blog

Ma' tutu nene'

Budaya orang Indonesia menekankan kepada setiap generasi agar mengetahui garis keturunannya hingga beberapa generasi ke belakang. Orang-orang tua akan menurunkan silsilah keluarga itu kepada anak-anaknya secara lisan. Inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat kekeluargaan masyarakat Indonesia sangat erat, dan menjadi ciri tersendiri dalam tatanan masyarakat global.  Warisan budaya lokal kita sebagai masyarakat Indonesia sangatlah kaya. Ditambah dengan kearifan lokal yang terbentuk dalam pergaulan masyarakat sehari-hari semakin membuat kita bangga sebagai masyarakat Indonesia.  Tantangan bagi generasi muda untuk menjaga nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh para pendahulu. Warisan budaya menjadi hal esensial untuk tetap kita jaga. Siapapun kita, baik birokrat ataupun sebagai penghulu adat.  Saya sendiri yang tumbuh dan berkembang dalam budaya Toraja sangat ditekankan untuk mengerti akan nilai-nilai budaya Toraja. Itu bukan menjadi pelajaran formal di sekolah tetapi se

Bangunan makam yang unik dari masyarakat Toraja

Halo semuanya, ini adalah tulisan ketiga yang saya kelompokkan ke dalam tulisan tentang budaya lokal, terkhusus mengenai masyarakat Toraja yang tinggal di wilayah Sulawesi Selatan. Kali ini saya akan menulis kebiasaan masayarakat Toraja yang membangun makam bagi keluarga. Ini mungkin janggal kedengaran bagi sahabat blogger bahwa sebagian kecil/besar masyarakat Toraja membangun makan keluarga. Makam seperti ini secara umum di kenal dalam kalangan masayarakat Toraja dengan sebutan  ' patane ' atau ' patani '. Bangunan ' patane ' banyak variasinya, tapi secara umum desain dindingnya berupa bujursangkar atau persegi panjang. Bagian yang banyak divariasi adalah bagian atap. Salah satu 'patane' di daerah Kec. Bastem, Kabupaten Luwu. Courtesy of Joel Pasande 'patane' di daerah gunung Singki', Toraja Utara. Courtesy of Aswan Pasande. 'patane' di daerah gunung Singki', Toraja Utara. Courtesy of Aswan Pasande. 

Oleh-oleh Cerita Liburan dari Salatiga

Halo semuanya,,,, Bulan Desember ini pasti kalian pada menikmati liburan. Begitu pula denganku, semenjak tanggal 3 bulan ini, kegiatan perkuliahan reguler kampus kami mulai libur. Liburnya cukup lama, hingga sebulan lebih mengingat kami akan aktif berkuliah kembali tanggal 4 Januari 2011 untuk Semester Genap Tahun Ajaran 2010-2011. Ini adalah liburan terlama dalam satu tahun ajaran dan kebetulan bertepatan dengan nuansa Natal.  Di kampus saya (Universitas Kristen Satya Wacana) mayoritas mahasiswanya adalah pendatang dari hampir seluruh penjuru tanah air. Berada dalam linkungan UKSW sendiri serasa di TMII. Kelompok-kelompok mahasiswa sangat diwarnai dengan berbagai latar suku, bahasa, ras, bahasa bahkan agama. Secara tidak langsung kita sudah belajar toleransi kultural di lapangan. Sangat senang berkuliah di sini. Kini memasuki masa libur panjang. Keriuhan UKSW sedikit teredakan, di kampus yang ada hanya pepohonan hijau yang semakin rimbun, para petugas keamanan kampus yang masih ra