Skip to main content

Cermin Indonesia Dari Mesir


ilustrasi - sebuah lukisan/http://rhiezonx.blogdetik.com
“Amerika memang bermain di mana-mana. Kali ini permainannya di Mesir mulai terkuak”. Demikian ditulis Abdillah Toha, Mantan Ketua Badan Kerja Sama DPR di Kompas 5 Juli. Pernyataan itu membantu kita untuk mencoba menelusuri poros-poros pergerakan di Mesir. Pada kenyataannya, Mesir adalah penghubung sentral Amerika bersama Israel untuk bermain di Timur Tengah, kawasan urat nadi sekaligus lubang hitam bagi bangsa Amerika. Minyak melimpah di sana juga sarang musuh bebuyutan negeri Paman Sam, Osama Bin Laden.

Diungkapkan Abdillah Toha bahwa Amerika memperlihatkan muka duanya saat pergolakan Mesir memanas. Alih-alih menghargai dan mendukung keinginan masyarakat Mesir memiliki pemerintahan demokratis dan bersih tapi sesungguhnya mendikte Mesir agar tidak hilang kontak negeri Piramida tersebut.

Bagaimanapun juga pada waktunya revolusi tetap dijalankan di atas misi menjungkalkan cenkeraman otoritas. Dictator hingga penjajah bengis pun akan gentar dengan consensus sakti itu. Di Prancis, Iran, Tunisia hingga Indonesia, perjuangan pada jalur revolusi menjadikan rakyat menjadi pemegang kedaulatan mutlak. Pemimpin yang menjadikan Negara sebagai instrument menyengsarakan rakyatnya (sesuai dikatakan Lenin) harus dijatuhkan dengan segala cara. Jika tak ada cara lain maka jalan satu-satunya adalah apapun caranya. Perjuangan pemuda Mesir adalah pembelaan atas kekecewaan moral karena kepemimipinan dictator, kebarat-baratan dan hanya menjadi boneka permainan kapitalis. Suatu bangsa yang telah lama dicatat sejarah semenjak dibawah kekuasaan Praoh tapi kini masih tetap saja tertinggalkan. Peradaban yang sedemikian tua itu tidak mungkin hanya bermimpi akan kesejahteraan  dan kemajuan bersama, mimpi perlu pewujudnyataan.

Dalam pergaulan global saat ini, bayang-bayang penjajah selalu ada. Tidak lagi berwujud kolonial tetapi cenderung berwajah munafik. Menawarkan bantuan pembangunan pembangunan luar negeri hingga bertrilun Dollar tetapi nyatanya mengeratkan jangkar untuk terus mengisap isi bumi. Yang namanya eksploitasi tetap saja eksploitasi, pihak pemegang modal terus mengakumulasi modalnya tapi ancaman kelaparan global lambat laun menjadi kenyataan.

Melihat tindak tanduk pemerintahan Hosni Mubarak mengingatkan kita pada rezim Orde Baru di bawah komando Soeharto. Pada era itu sesungguhnya bangsa Indonesia terus-menerus dibawah petunjuk trinitas capital; IMF, World Bank dan WTO. Dibelakang layarnya tetap saja Amerika yang bermain. Hampir satu decade setelah tumbangnya Orde Baru, barulah bangsa kita sedikit demi sedikit lepas dari dikte IMF. Ishak Rafick, Seorang wartawan senior Indonesia menganalogikan bahwa hanya orang bodoh yang datang pada dokter yang sama jika dokter itu sudah salah memberikan obat sebelumnya. Kalau Indonesia tidak bodoh berarti jangan lagi datang minta petunjuk pada IMF dan kroninya.

Pasca Reformasi, kebijakan pemerintah kita sudah lumayan bagus. Paling tidak bangsa kita bisa menghirup sedikit udara segar. Sedikit bisa bergerak dalam jaring utang buah petunjuk mentor IMF.

Kacamata Cermin
Melihat semangat perjuangan pemuda Mesir secara tak sengaja menumbuhkan api perjuangan dalam diri kita. Siapa yang tidak ingin bebas dari dikte pihak lain?, semuanya menginginkannya. Pada dasarnya kita ingin Negara kita mandiri, mandiri dalam mengusahakan kemakmuran rakyatnya. Pergolakan Mesir biarlah menjadi perjuangan milik rakyatnya dan biarlah keberhasilan menjadi keberhasilan milik rakyatnya.

Demikian pula bangsa kita. Jangan lagi jatuh pada lubang yang sama. Biarlah bangsa kita sendiri menyusun strategi secara mendiri untuk tinggal landas. Semangat tinggal landas jangan lagi Nihil. Pada titik ini kita perlu belajar dari Negara China atau Jepang. Rekan se-Asia kita sudah duluan di depan semuanya mereka susun secara mandiri. Bangkit perlahan-lahan kemudian menjadi pemain dalam percaturan global.

Indonesia saat ini masih dibayangi setan utang Negara. Kalau mau bebas berarti siap memutus ketergantungan pada trinitas barat itu. Kemandirian bangsa kita sendirilah yang menjadi motor kekuatan utama. Ingatlah yang disematkan oleh Soekarno yang menentang permainan Kapitalisme barat.

Satu catatan penting sekaligus menjadi peringatan saat ini bahwa walaupun dikte kapitalisme barat sempat menjauh, tapi kini semakin memastikan diri untuk mendekat. Pemerintah kita seolah-olah kembali mencium tangan Amerika. Dalam konteks pergaulan dunia, tidak bisa dibantah bahwa suatu Negara perlu menjalin hubungan kerja sama dengan Negara lain. Perlu jejaring untuk memajukan perekonomian, pendidikan, militer, pertanian dan seterusnya. Tapi untuk tunduk pada dikte Negara adidaya itu berarti membiarkan diri kita kembali dijajah.

Disinilah suatu kacamata dibutuhkan untuk melalukan analisa kritis. Jangan lagi terjungkal pada lubang yang sama. Sekaligus kita butuh cermin untuk melihat jejak rekam masa lalu. Semuanya butuh pembelajaran dan juga optimism untuk terus maju.

Salatiga, 6 Februari 2011 – 12:31 AM

Comments

Popular posts from this blog

Ma' tutu nene'

Budaya orang Indonesia menekankan kepada setiap generasi agar mengetahui garis keturunannya hingga beberapa generasi ke belakang. Orang-orang tua akan menurunkan silsilah keluarga itu kepada anak-anaknya secara lisan. Inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat kekeluargaan masyarakat Indonesia sangat erat, dan menjadi ciri tersendiri dalam tatanan masyarakat global.  Warisan budaya lokal kita sebagai masyarakat Indonesia sangatlah kaya. Ditambah dengan kearifan lokal yang terbentuk dalam pergaulan masyarakat sehari-hari semakin membuat kita bangga sebagai masyarakat Indonesia.  Tantangan bagi generasi muda untuk menjaga nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh para pendahulu. Warisan budaya menjadi hal esensial untuk tetap kita jaga. Siapapun kita, baik birokrat ataupun sebagai penghulu adat.  Saya sendiri yang tumbuh dan berkembang dalam budaya Toraja sangat ditekankan untuk mengerti akan nilai-nilai budaya Toraja. Itu bukan menjadi pelajaran formal di sekolah tetapi se

Bangunan makam yang unik dari masyarakat Toraja

Halo semuanya, ini adalah tulisan ketiga yang saya kelompokkan ke dalam tulisan tentang budaya lokal, terkhusus mengenai masyarakat Toraja yang tinggal di wilayah Sulawesi Selatan. Kali ini saya akan menulis kebiasaan masayarakat Toraja yang membangun makam bagi keluarga. Ini mungkin janggal kedengaran bagi sahabat blogger bahwa sebagian kecil/besar masyarakat Toraja membangun makan keluarga. Makam seperti ini secara umum di kenal dalam kalangan masayarakat Toraja dengan sebutan  ' patane ' atau ' patani '. Bangunan ' patane ' banyak variasinya, tapi secara umum desain dindingnya berupa bujursangkar atau persegi panjang. Bagian yang banyak divariasi adalah bagian atap. Salah satu 'patane' di daerah Kec. Bastem, Kabupaten Luwu. Courtesy of Joel Pasande 'patane' di daerah gunung Singki', Toraja Utara. Courtesy of Aswan Pasande. 'patane' di daerah gunung Singki', Toraja Utara. Courtesy of Aswan Pasande. 

Oleh-oleh Cerita Liburan dari Salatiga

Halo semuanya,,,, Bulan Desember ini pasti kalian pada menikmati liburan. Begitu pula denganku, semenjak tanggal 3 bulan ini, kegiatan perkuliahan reguler kampus kami mulai libur. Liburnya cukup lama, hingga sebulan lebih mengingat kami akan aktif berkuliah kembali tanggal 4 Januari 2011 untuk Semester Genap Tahun Ajaran 2010-2011. Ini adalah liburan terlama dalam satu tahun ajaran dan kebetulan bertepatan dengan nuansa Natal.  Di kampus saya (Universitas Kristen Satya Wacana) mayoritas mahasiswanya adalah pendatang dari hampir seluruh penjuru tanah air. Berada dalam linkungan UKSW sendiri serasa di TMII. Kelompok-kelompok mahasiswa sangat diwarnai dengan berbagai latar suku, bahasa, ras, bahasa bahkan agama. Secara tidak langsung kita sudah belajar toleransi kultural di lapangan. Sangat senang berkuliah di sini. Kini memasuki masa libur panjang. Keriuhan UKSW sedikit teredakan, di kampus yang ada hanya pepohonan hijau yang semakin rimbun, para petugas keamanan kampus yang masih ra